Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis di MS Word

Pengertian Daftar Isi

Daftar Isi atau Table of Content (TOC) merupakan peta jalan atau rood map untuk setiap bagian karya tulis yang kita buat. Daftar isi sendiri adalah suatu daftar yang terorganisir dari bab-bab, bagian-bagian dokumentasi kita dan seringkali di dalamnya memuat gambar-gambar dengan jelas dilabeli dengan penomoran halaman. 

Pentingnya Daftar Isi

Daftar isi sangat penting untuk dilampirkan pada bagian kerangka suatu karya untuk memudahkan pembaca maupun penulis. Keberadaan daftar isi dapat memberikan gambaran atau garis besar kepada pembaca mengenai pokok pembahasan yang terdapat dalam suatu hasil penulisan. Dengan adanya daftar isi, akan mempermudah pembaca untuk mengetahui isi setiap halaman dalam karya ilmiah.

Cara Membuat Daftar Isi Praktis dengan MS Word

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, kita jadi mengetahui betapa pentingnya daftar isi pada sebuah karya tulis kita. Dan seperti yang kita ketahui perkembangan zaman yang begitu pesat memudahkan umat manusia dalam melakukan banyak hal termasuk dalam membuat daftar isi. Dengan menggunakan fitur di MS Word penulis dapat dengan praktis membuat daftar isi tanpa memakan banyak waktu. Sayangnya, tak semua orang mengetahui fitur tersebut. Alhasil banyak orang masih membuatnya secara manual, sehingga menguras banyak waktu.

Berikut Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah daftar isi otomatis di Ms Word:

  • Buka Ms. Word
  • Sediakan halaman kosong untuk digunakan sebagai daftar isi lagu ketik DAFTAR ISI sebagai judul.
  • Cari daftar bab dan subab yang akan diplih melalui menu navigation
  • Blok judul yang akan dijadikan daftar bab, Contohnya seperti Bab 1 pada makalah.
  • Untuk daftar subabnya, blok judul yang dipilih hingga seterusnya.
  • Untuk membuat daftar bab selanjutnya lakukan cara yang sama seperti poin nomor 4.
  • Setelah semua daftar bab dan subab telah dibuat, beralih langsung ke halaman kosong yang telah kita siapkan untuk membuat daftar isi, setelah itu masuk ke menu references dan klik table of contens, Pilih automatic table 
  • Daftar isi telah selesai dibuat.

Itulah cara membuat daftar isi secara otomastis di Microsoft Word.

Sumber: 36 Jam Belajar Microsoft Office, kpm.umy.ac.id 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sahabat! Kami Siap Membantu