Apa Itu In House Training?

In-house training, juga dikenal sebagai pelatihan internal, merujuk pada program pelatihan yang diselenggarakan di dalam organisasi atau perusahaan oleh staf atau sumber daya internal. Dalam konteks ini, organisasi menciptakan dan menyampaikan program pelatihan sendiri untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan karyawan mereka.

Program In House Training

Program in-house training dapat mencakup berbagai topik, mulai dari pengembangan keterampilan teknis dan kepemimpinan hingga pelatihan kebijakan perusahaan atau prosedur kerja. Pelatihan semacam ini dapat diselenggarakan oleh tim internal yang memiliki keahlian dalam topik tersebut atau melibatkan instruktur eksternal jika diperlukan.

Materi pelatihan Inhouse training

Isi program pelatihan in-house dapat sangat bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik, tujuan, dan industri organisasi. Namun, berikut beberapa topik umum yang sering disertakan dalam sesi pelatihan internal di berbagai industri, salah satunya adalah Kebijakan dan Prosedur Perusahaan, Pelatihan Keterampilan Khusus Pekerjaan, Pengembangan Kepemimpinan dan Manajemen, Keunggulan Layanan Pelanggan, Pelatihan Penjualan dan Pemasaran, Kesadaran Keamanan Siber, Keberagaman dan Inklusi, Manajemen Waktu dan Produktivitas, Kesehatan dan keselamatan, Manajemen Perubahan,Kemampuan berkomunikasi, Membangun Tim dan Kolaborasi. Jadi perlu di ingat, konten spesifik harus disesuaikan dengan kebutuhan unik organisasi, peraturan industri, dan tingkat keterampilan peserta.

Untuk Informasi materi pelatihan silahkan klik disini.

Tujuan Inhouse Training

Pelatihan in-house, yang dilakukan dalam suatu organisasi, memiliki berbagai tujuan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kinerja karyawan secara keseluruhan. Tujuan spesifik dari pelatihan in-house mungkin berbeda-beda berdasarkan kebutuhan organisasi, namun tujuan umumnya meliputi:

  1. Pengembangan Keterampilan

  2. Transfer Pengetahuan

  3. Penyelarasan dengan Tujuan Organisasi

  4. Peningkatan Kinerja

  5. Keterlibatan dan Motivasi Karyawan

  6. Membangun Tim

  7. Kepatuhan dan Peraturan