Memahami Konsep dan Keunggulan
“GENBA KAIZEN”
(Meningkatkan Keunggulan dan Mengoptimalkan Kinerja)
Genba berarti tempat dimana pekerjaan itu dilaksanakan dan Kaizen berarti penyempurnaan yang dilakukan secara terus menerus, GENBA KAIZEN Sering diterjemahkan sebagai improvement, continuous improvement, atau incremental improvement. Kaizen dilaksanakan pada perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dengan cara menghilangkan waste.
Kaizen adalah metoda untuk memperbaiki proses bisnis dengan beberapa anggota tim dan dipimpin oleh kaizen leader. Sasaran akhir dari kaizen adalah tercapainya Kualitas, Biaya, Distribusi (Quality, Cost, Delivery, QCD), sehingga pada praktiknya kaizen dapat menempatkan kualitas pada prioritas tertinggi.
Kaizen sendiri mengajarkan bahwa perusahaan tidak akan mampu bersaing jika kualitas produk dan pelayanannya tidak memadai, sehingga komitmen manajemen terhadap kualitas sangat dijunjung tinggi. Kualitas yang dimaksud dalam QCD bukan hanya sekedar kualitas produk melainkan termasuk kualitas proses yang ditempuh dalam menghasilkan suatu produknya.
Kaizen sendiri dalam prakteknya tidak hanya berarti perubahan menjadi yang lebih baik saja akan tetapi mempunyai makna yang sangat luas yaitu Perubahan pada Pola Pikir diri kita sendiri untuk merubah segalanya menjadi lebih baik. Discipline dan Commitment dari dalam diri kita sendiri yang menjadikan Kaizen itu berhasil.
METODE PELATIHAN
Metode pelatihan sendiri dikaukan secara Offline dan Online.
MANFAAT PELAIHAN KAIZEN
- Peningkatan kesadaran dan kemampuan karyawan dalam melakukan perbaikan yang berkelanjutan di tempat kerjanya masing-masing, dalam rangka menghasilkan produk bermutu tinggi, dengan biaya operasi yang efisien dan tingkat kecepatan pelayanan yang cepat.
- Memahami pentingnya perbaikan dan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan di tempat kerja melalui konsep perbaikan berbasis Jepang (Kaizen) secara efektif dan efisien
- Meningkatkan pemahaman mengenai kegiatan 5S melalui pengawasan visual dan kegiatan 3M secara praktis agar dapat menerapkannya di tempat kerja masing-masing
- Mampu menemukan waste yang terjadi di area kerja
- Memahami teknik dan metode perbaikan di area kerja
- Peserta mampu menganalisa ketidakseimbangan line proses dan mengukur performance proses.
- Mampu mengidentifikasi peluang untuk perbaikan di tempat kerja dan menyusun rencana perbaikan
- Meningkatkan sikap mental yang baik dan pola pikir “flexible to change” dalam melaksanakan perbaikan-perbaikan di tempat kerja
Sumber : https://event.lpkn.id/
Alamat MK Academy
Gedung Graha Pool, Jl Merdeka No 110 Kota Bogor
Whatsapp/HP 0813-1517-8523 | Telp 0251 8570150
Email : info@mktraining.co.id | info@mkacademy.id
Social Media : IG @mkacademy.id | FB hidayatMKacademy | Tiktok @mkacademy22
Apa saja yang ada di MK Academy?
Judul / Topik Training diantaranya : Diklat & Ujikom Sertiifkasi BNSP ISO 45001, ISO 9001 2015, ISO 14001 2015,ISO 17025, TISO 22000, ISO 31000, ISO 27000, Perkebunan Sawit, Industri sawit, Pabrik Kelapa sawit, Pabrik Refinery Produk Sawit, Pabrik Oleochemical, Pengelolaan Hutan Lestari, Industri Hasil Hutan, RSPO, ISPO, SCCS, ISCC, SFM FSC, SFM PEFC, PHPL, COC FSC, COC PEFC, SVLK ,pengelolaan pabrik, PPIC, Pengendalian Dokumen, Manajemen hutan, Quality & Productivity, 5R/5S, Penyusunan SOP, adminstrasi perkantoran, SMK 3 PP 50 2012, OHSAS 18001, , Manajemen Laboratorium/ISO 17025, Manajemen Lingkungan Hidup, Pengelolaan Limbah, B3,UKL UPL, Amdal,CoC FSC, CoC PEFC,SFM FSC, SFM PEFC, Keselamatan Mengemudi/safety driving dll dan lain lain sesuai dengan kebutuhan Pelanggan.