Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet atau aplikasi pengolah angka yang sangat kuat dan merupakan bagian dari paket Microsoft Office. Aplikasi ini banyak digunakan untuk organisasi data, perhitungan, analisis, dan visualisasi. Micrsoft Excel telah dilengkapi dengan berbagai rumus atau formula yang memudahkan kita dalam mengolah data. Dengan rumus-rumus ini, kita bisa menyelesaikan berbagai persoalan administratif, seperti membuat laporan keuangan, membuat analisa data, membuat berbagai macam grafik, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa fitur menu dan beserta fungsinya dari Microsoft Excel (Bagian 1):
Fungsi Microsoft Excel
Microsoft Excel cukup populer digunakan oleh banyak orang karena fungsi yang dimilikinya. Beberapa fungsi Microsoft Excel, antara lain:
- Untuk membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa hingga meringkas data.
- Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika.
- Membuat daftar hadir serta daftar nilai.
- Melakukan perhitungan untuk mengetahui hasil sebuah penelitian.
- Melakukan analisa serta riset harga.
- Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris dan lainnya.
- Melakukan perhitungan matematika dan statistika.
- Membuat berbagai macam grafik dan diagram.
- Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.
- Melakukan konversi mata uang.
Bagian-Bagian dalam Menu Microsoft Excel
Menu Files
- New: Perintah untuk membuat lembar kerja baru.
- Open: Perintah untuk membuka dokumen.
- Close: Perintah untuk menutup jendela workbook.
- Save: Perintah untuk menyimpan data.
- Save As: Perintah untuk menyimpan data yang belum memiliki nama.
- Save As Web Page: Perintah untuk menyimpan kedalam halaman web.
- Save Workspace: Perintah untuk menyimpan sebagai file workspace.
- File Search: Perintah untuk mencari file workbook.
- Permission: Perintah untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut.
- Web Page Preview: Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak.
- Page Setup: Perintah untuk mengatur setting halaman.
- Print Area: Perintah untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak.
- Print Preview: Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak.
- Print: Perintah untuk mencetak data.
- Send To: Perintah untuk mengirimkan file.
- Properties: Perintah untuk Membuat ringkasan file yang aktif.
- Exit: Perintah untuk menutup program Microsoft Excel.
Menu Edit
- Normal: Perintah untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal.
- Page Break Preview: Perintah untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja.
- Task Panel: Perintah untuk membuka tampilan perintah.
- Toolbars: Perintah untuk menampilkan toolbar.
- Formula Bar: Perintah untuk memunculkan baris rumus.
- Status Bar: Perintah untuk memunculkan status bar.
- Header and Footer: Perintah untuk membuat header dan footer.
- Comments: Perintah untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja.
- Custom Views: Perintah untuk menyimpan area cetak pada workbook.
- Full Screen: Perintah untuk menampilkan layer secara penuh.
- Zoom: Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja.
Menu Home
- Clipboard: Perintah yang berfungsi untuk melakukan cut, copy, dan paste.
- Alignment: Perintah yang berfungsi mengatur rataan tampilan data dan penggabungan sel.
- Font: Perintah yang berfungsi mengatur font.
- Styles: Perintah yang berfungsi untuk memberikan kustomisasi tampilan sel.
- Cells: Perintah yang berguna untuk mengatur sel dari segi width, height, dan lain-lain.
- Editing: Perintah yang berfungsi mengelola data.
- Number: Perintah yang berfungsi mengubah format tampilan angka.
Dengan kemampuan yang luas dan fleksibilitas yang tinggi, Excel tetap menjadi salah satu aplikasi terpenting dalam berbagai industri dan profesi.
Sumber: MK Academy, dailysocial.id, ChatGPT
Alamat MK Academy
MK Academy – Gedung Graha Pool, Jl Merdeka No 110 Kota Bogor
Whatsapp/HP 0813-1517-8523 | Telp 0251 8570150
Email : info@mktraining.co.id | info@mkacademy.id