Mengenal Bagian Menu di Microsoft Excel dan Beserta Fungsinya (Bagian 3)

Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet atau aplikasi pengolah angka yang sangat kuat dan merupakan bagian dari paket Microsoft Office. Aplikasi ini banyak digunakan untuk organisasi data, perhitungan, analisis, dan visualisasi. Micrsoft Excel telah dilengkapi dengan berbagai rumus atau formula yang memudahkan kita dalam mengolah data. Dengan rumus-rumus ini, kita bisa menyelesaikan berbagai persoalan administratif, seperti membuat laporan keuangan, membuat analisa data, membuat berbagai macam grafik, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa fitur menu dan beserta fungsinya dari Microsoft Excel (Bagian 3):

Menu View

  1. Normal: Perintah untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal.
  2. Page Break Preview: Perintah untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja.
  3. Task Panel: Perintah untuk membuka tampilan perintah.
  4. Toolbars: Perintah untuk menampilkan toolbar.
  5. Formula Bar: Perintah untuk memunculkan baris rumus.
  6. Status Bar: Perintah untuk memunculkan status bar.
  7. Header and Footer: Perintah untuk membuat header dan footer.
  8. Comments: Perintah untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja.
  9. Custom Views: Perintah untuk menyimpan area cetak pada workbook.
  10. Full Screen: Perintah untuk menampilkan layer secara penuh.
  11. Zoom: Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja.

Menu Format

  1. Cell: Perintah untuk membuat format sel.
  2. Low: Perintah untuk mengatur tinggi baris.
  3. Column: Perintah untuk mengatur lembar kolom.
  4. Sheet: Perintah untuk memformat sheet.
  5. Auto Format: Perintah untuk membuat format table.
  6. Conditional Formating: Perintah untuk memformat nilai data sel.
  7. Style: Perintah untuk mengubah data pada lembar kerja.

Menu Data

  1. Short: Perintah untuk mengurutksn data.
  2. Filter: Perintah untuk memfilter data.
  3. Form: Perintah untuk menambah atau mengurangi data.
  4. Subtotal: Perintah untuk menghitung sub total.
  5. Validation: Perintah untuk membatasi jenis data yang dimasukkan.
  6. Table: Perintah untuk membuat table.
  7. Text to Columns: Perintah untuk membuat naskah text menjadi berkolom.
  8. Consolidate: Perintah untuk mengkonsolidasi data.
  9. Group and Outline: Perintah untuk menggabungkan data.
  10. Pivot Tabel and Pivot Chart Report: Perintah untuk membuat table dan grafik pivot.
  11. Import External Data: Perintah untuk mengimpor data luar.
  12. Refresh Data: Perintah untuk menyegarkan kembali data dari luar.

Dengan kemampuan yang luas dan fleksibilitas yang tinggi, Excel tetap menjadi salah satu aplikasi terpenting dalam berbagai industri dan profesi. Nah, itulah bagian-bagian menu Microsoft Excel beserta fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagimu!

Sumber: MK Academy, dailysocial.id, ChatGPT

Alamat MK Academy

MK Academy – Gedung Graha Pool, Jl Merdeka No 110 Kota Bogor
Whatsapp/HP 0813-1517-8523 | Telp 0251 8570150
Email : info@mktraining.co.id | info@mkacademy.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sahabat! Kami Siap Membantu