Program Diklat Dasar Instruktur Kejuruan Bisnis Managemen

  1. Nama Pelatihan                : Diklat Dasar Instruktur Kejuruan Bisnis Managemen
  2. Kode Program                   : KKNI Jenjang Kualifikasi 4
  3. Metoda Pelatihan             : Daring/Luring/Blended
  4. Tujuan Pelatihan              : Setelah mengikuti pelatihan ini peserta peserta kompeten melatih peserta latih kejuruan Bisnis Manajemen secara efektif dengan memenggunakan metode pelatihan sesuai standar yang berlaku
  5. Kemungkinan Jabatan    : Instruktur Kejururan Bisnis Managemen
  6. Standar yang digunakan : -SKKNI Nomor 183 Tahun 2016

-SKKNI Nomor 27 Tahun 2009

-SKKNI Nomor 161 Tahun 2015

-SKKNI Nomor 286 Tahun 2011

-SKKNI Nomor 42 Tahun 2008

7. Persyaratan Peserta Pelatihan :

7.1 Pendidikan                          : Minimal D3

7.2 Pelatihan                             : –

7.3 Pengalaman Kerja             : –

7.4 Jenis Kelamin                    : Pria-Wanita

7.5 Umur                                   : –

7.6 Kesehatan                          : Sehat jasmani dan rohani, tidak ada cacat yang dapat mengganggu aktivitas praktek.

7.7 Persyaratan Khusus         : Calon Instruktur Balai Latihan Kerja

  1. Persyaratan Instruktur :

8.1 Pendidikan Formal           : Minimal S1

8.2 Kompetensi Metodologi  : Memiliki Sertifikat Kompetensi Metodologi Level 4

8.3 Kompetensi Teknis           : Memiliki Kompetensi Teknis di Bidang  Bisnis & Managemen

8.4 Pengalam Kerja                 : Minimal 2 Tahun

8.5 Kesehatan                           : Sehat Jasmani & Rohani

8.6 Persyaratan Khusus         : 1. Mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris

2. Menguasai TIK.

Kurikulum Pelatihan Berbasis Kompetensi Pengelola Administrasi Perkantoran

NO MATERI  PELATIHAN KODE UNIT PERKIRAAN WAKTU PELATIHAN (JP)
I. KELOMPOK UNIT KOMPETENSI  TEKNIS
1.1      Menangani penerimaan  dan pengiriman dokumen /   Surat N.821100.001.02 40
1.2      Menciptakan Dokumen/Lembar Kerja Sederhana N.821100.003.02 50
1.3      Memproduksi Dokumen N.821100.004.02 50
1.4      Membuat Notulen Rapat N.821100.008.01 20
1.5      Membuat Materi Presentasi N.821100.009.02 45
1.6      Mempersiapkan  Dokumen Perjalanan Dinas N.821100.010.02 30
1.7      Mengatur Akomodasi  dan Transportasi Perjalanan Dinas N.821100.011.01 35
1.8      Mengelola Jadwal Kegiatan Pimpinan N.821100.012.01 30
1.9      Mengatur Pertemuan Rapat / Pertemuan N.821100.013.02 50
1.10   Mengaplikasikan Ketrampilan Dasar Komunikasi N.821100.028.02 30
1.11   Melakukan Komunikasi  Melalui Telepon N.821100.029.02 25
1.12   Melakukan Komunikasi  Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar N.821100.032.02 50
1.13   Membaca dalam  Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar N.821100.033.02 15

 

1.14   Menerapkan Kerjasama  dengan Kolega/Pelanggan N.821100.044.02 30
1.15   Memberikan Layanan kepada Pelanggan N.821100.045.02 40
1.16   Memproses Keluhan  Pelanggan N.821100.048.01 25
1.17   Memproduksi Dokumen Di Komputer N.821100.053.02 50
1.18   Mengoperasikan Aplikasi  Perangkat Lunak N.821100.057.02 15
1.19   Membuat Surat /  Dokumen Elektronik N.821100.060.01 15
1.20   Mengelola Kas Kecil N.821100.065.02 40
1.21   Mengelola  Arsip N.821100.073.02 50
1.22   Mengelola  Peralatan Kantor N.821100.074.02 30
1.23   Menerapkan Prosedur K3 Perkantoran N.821100.075.02 20
1.24   Korespondensi Niaga Tingkat Dasar  / Basic Business Correspondence BHS.IS02.009.01 30
Jumlah I 815

 

II KELOMPOK UNIT KOMPETENSI METODOLOGI
2.1      Menerapkan Prinsip Kesehatan Kerja untuk Mengendalikan Resiko K3 KKK.00.02.012.01 10
2.2      Mengaplikasikan Ketrampilan Dasar Komunikasi N.821100.028.02 10

 

2.3      Melakukan Presentasi PAR.JK02.009.01 10
2.4      Menyusun Program Pelatihan P.854900.011.01 25
2.5      Mendesain Media  Pembelajaran P.854900.013.01 15
2.6      Merencanakan Penyajian Materi Pelatihan P.854900.016.01 24
2.7      Mengelola  Bahan  Pelatihan P.854900.031.01 10
2.8      Menyusun Modul Pelatihan P.854900.012.01 20
2.9      Mengelola  Peralatan  Pelatihan P.854900.033.01 10
2.10   Melaksanakan Pelatihan  Tatap Muka (Face  To Face) P.854900.017.01 126
2.11   Merencanakan dan Mengorganisasikan Asesmen P.854900.040.01 10
2.12   Mengembangkan Perangkat Asesmen P.854900.041.01 10
2.13   Mengases Kompetensi P.854900.042.01 10
2.14   Mendesain Pembelajaran  yang Inovatif untuk Suatu Program Pelatihan P.854900.014.01 10
Jumlah II 300
III. NON – UNIT KOMPETENSI
3.1      Non-unit Kompetensi 20
Jumlah III 20

 

IV. SOFT SKILL
4.1 Menerapkan Konsep Diri  untuk meraih kesuksesan SS.KD.01.01 6
4.2 Mengelola  Diri untuk meningkatkan etos kerja SS.MD.01.02 4

 

4.3 Menerapkan sisih, susun, sasap, sosoh, suluh (5S) di tempat  kerja SS.5S.01.03 9
4.4 Menerapkan kesetaraan hak pekerja perempuan dan pekerja  laki-laki  di tempat kerja SS.GK.01.06 5
4.5 Meningkatkan kualitas  Penampilan dan Sikap Profesional SS.KP.01.04 4
4.6 Mempersiapkan Lamaran Kerja dan Tes Wawancara SS.LP.01.05 4
4.7 Mengelola Keuangan Pribadi SS.MK.01.07 3
Jumlah IV 35
Jumlah I  s.d IV 1,170
V. ON THE JOB TRAINING  (OJT) 1 Bulan

 

MK Academy

Kami MK Academy adalah salah satu lembaga penyedia jasa Training Sertifikasi BNSP yang berkompeten dan berpengalaman dalam bidang Sertifikasi BNSP, kami menyediakan Training dengan metoda Online, Offline maupun Hybrid (Offline & Online bersamaan) dengan pengalaman lebih dari ratusan Perusahaan, Lembaga & Instansi.

Klik disini, untuk cek jadwal & kategori atau hubungi 081315178523 untuk kebutuhan training anda.

 

Alamat MK Training

PT Multi Kompetensi Solusi Bisnis (MK Academy)

Gedung Graha Pool, Jl Merdeka No 110 Kota Bogor
Whatsapp/HP 0813-1517-8523 & 812-8829-2374 | Telp 0251 8570150
Email : info@mktraining.co.id | info@mkacademy.id

Social Media : IG @mkacademy.id | FB hidayatMKacademy | Tiktok @mkacademy22

 

Apa saja yang ada di MK Training?

Judul / Topik Training diantaranya : Diklat & Ujikom Sertiifkasi BNSP ISO 45001, ISO 9001 2015, ISO 14001 2015,ISO 17025, TISO 22000, ISO 31000, ISO 27000, Perkebunan Sawit, Industri sawit, Pabrik Kelapa sawit, Pabrik Refinery Produk Sawit, Pabrik Oleochemical, Pengelolaan Hutan Lestari, Industri Hasil Hutan, RSPO, ISPO, SCCS, ISCC, SFM FSC, SFM PEFC, PHPL, COC FSC, COC PEFC, SVLK ,pengelolaan pabrik, PPIC, Pengendalian Dokumen, Manajemen hutan, Quality & Productivity, 5R/5S, Penyusunan SOP, adminstrasi perkantoran, SMK 3 PP 50 2012, OHSAS 18001, , Manajemen Laboratorium/ISO 17025, Manajemen Lingkungan Hidup, Pengelolaan Limbah, B3,UKL UPL, Amdal,CoC FSC, CoC PEFC,SFM FSC, SFM PEFC, Keselamatan Mengemudi/safety driving dll dan lain lain sesuai dengan kebutuhan Pelanggan.