Siklus PDCA

Siklus PDCA 

Siapa yang sudah familiar dengan istilah PDCA?? Yap PDCA ialah salah satu prinsip proses siklus kerja pada ISO 9001:2015 yang merupakan kepanjangan dari Plan, Do, Check, Act. Siklus kerja ini digunakan untuk mendapatkan sistem manajemen yang efektif.

  1. Planning (Perencanaan) (Klausul 6)Tahapan siklus pertama ialah perencanaan. Di dalamnya terdapat sasaran, kebijakan, prosedur, dan proses. Termasuk pengukuran tujuan untuk menunjukan apakah proses mencapai hasil yang diharapkan. Adapun klausul yang termasuk pada fase ini ialah:
    • 6.1 Identifikasi Peluang dan Risiko
    • 6.2  Sasaran Mutu
    • 6.3 Perubahan Perencanaan
  2. Do (Melakukan) (Klausul 7-8)
    Tahapan siklus kedua ialah fase melakukan. Di dalamnya mereprentasikan realisasi pengaturan terencana, menerapkan kebijakan dan prosedur, kinerja proses, hasil rekaman. Adapun klausul yang termasuk pada fase ini ialah:

    • 7.1 Sumberdaya
    • 7.2 Kompetensi
    • 7.3 Kepedulian
    • 7.4 Komunikasi
    • 7.5 Informasi Terdokumentasi
    • 8.1 Perencanaan 
    • 8.2 Persyaratan produk dan jasa
      8.3 Desain dan pengembangan produk dan jasa
      8.4 Pengendalian proses, produk dan jasa yang disediakan eksternal
      8.5 Produksi dan penyediaan jasa
  3. Check(Periksa) (Klausul 9)
    Tahapan ketiga ialah fase pemeriksaan. hasil pada fase “Do” dianalisis untuk menentukan kinerja dan keefektifan dari aktivitas dan tindakan yang dilakukan selama fase “Do“. Di dalamnya mencakup analisis, pemantauan dan pengukuran hasil, audit, dan tinjauan manajemen. Adapun klausul yang termasuk pada fase ini ialah:

    • 9.1 Pemantauan, pengukuran, analisis dan evaluasi
    • 9.2 Audit internal
    • 9.3 Tinjauan manajemen
  4. Act (Tindaki) (Klausul 10)
    Tahapan terakhir merupakan fase organisasi perlu bertindak sesuai hasil dari fase “Act” agar mencapai peningkatan berkelanjutan. Siklus PDCA harus menjadi siklus yang membawa organisasi menuju peningkatan berkelanjutan. Adapun klausul yang termasuk pada fase ini ialah:

    • 10.1 Umum
    • 10.2 Ketidaksesuaian dan tindakan korektif
    • 10.3 Peningkatan berkelanjutan

Referensi:

advisera.com

BSN ISO 9001:2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hai Sahabat! Kami Siap Membantu