Dalam dunia laboratorium modern, penerapan pendekatan Risk-Based Thinking (RBT) atau Analisis Resiko telah menjadi esensial untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan akurasi hasil eksperimen. RBT merupakan suatu metodologi yang berfokus pada identifikasi, evaluasi, dan pengelolaan risiko untuk mengoptimalkan kinerja laboratorium. Artikel ini akan membahas bagaimana penerapan RBT dapat membawa manfaat besar dalam konteks laboratorium. 1. Identifikasi […]
Analisis kimia adalah suatu langkah kritis dalam berbagai disiplin ilmu, dari riset ilmiah hingga pengujian kualitas produk. Dalam upaya untuk memastikan keandalan dan akurasi hasil analisis kimia, validasi metode menjadi langkah esensial. Validasi metode merupakan serangkaian prosedur yang dirancang untuk menilai dan menjamin bahwa suatu metode analisis memberikan hasil yang dapat dipercaya dan relevan. Validasi […]
ISO 17025:2017 adalah sebuah standar internasional yang menetapkan persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi. Standar ini diterbitkan oleh International Organization for Standardization (ISO) dan memberikan panduan bagi laboratorium untuk memastikan bahwa mereka dapat memberikan hasil yang akurat dan dapat diandalkan. ISO 17025:2017 dirancang untuk dapat diakui secara internasional, sehingga laboratorium yang memenuhi […]
PENDAHULUAN Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan aspek krusial dalam lingkungan kerja yang tidak dapat diabaikan. Bagi sebagian besar organisasi, pengawas operasional memegang peran penting dalam memastikan bahwa standar K3 diterapkan dan dipatuhi di setiap tahap kegiatan operasional. Pengawas operasional bertanggung jawab langsung atas keamanan tim kerja di lapangan. Melalui pelatihan K3 yang menyeluruh, mereka […]
PENDAHULUAN Bahan kimia berbahaya menjadi bagian integral dari banyak industri, mulai dari manufaktur hingga laboratorium penelitian. Meskipun bahan-bahan ini memiliki peran penting dalam berbagai proses, penanganannya memerlukan kehati-hatian ekstra untuk mencegah risiko kesehatan dan keselamatan. Penting bagi setiap pekerja yang berurusan dengan bahan kimia berbahaya untuk memiliki pemahaman yang baik tentang sifat-sifat dan karakteristik bahan […]
Kesejahteraan pekerja bukan lagi sekadar kewajiban, tetapi fondasi utama keberhasilan perusahaan di era modern. Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, keselamatan dan kesehatan kerja bukanlah sekadar aspek peraturan, melainkan investasi strategis yang memberikan hasil jangka panjang. Budaya keselamatan yang tangguh bukan hanya mengurangi risiko cedera atau penyakit, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan […]
HSE (Health, Security, and Environment) sendiri merupakan bagian dari sebuah perusahaan, industri, atau institusi yang bertanggung jawab dalam hal urusan kesehatan, keselamatan kerja, dan pengelolaan lingkungan di tempat kerja tersebut, kawan. Orang Indonesia tentunya akan lebih akrab dengan istilah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). HSE dan K3 adalah hal yang sama, namun HSE merupakan istilah umum yang […]
Sistem Manajemen Peningkatan 5R (5S Improvement Management System) adalah metodologi organisasi tempat kerja yang berasal dari Jepang. Istilah “5R/5S” sendiri mengacu pada lima prinsip utama yang bertujuan untuk menciptakan dan memelihara lingkungan kerja yang terorganisir, efisien, dan aman. Prinsip 5R/5S tersebut adalah: Seiri (Ringkas): Ini melibatkan pemilahan barang-barang di tempat kerja dan membuang barang-barang yang […]
Kaizen Based Lean Manufacturing – Kaizen (改善) merupakan istilah dalam bahasa Jepang yang bermakna “perbaikan berkesinambungan”. Filsafat kaizen berpandangan bahwa hidup kita hendaknya fokus pada upaya perbaikan terus-menerus. Pada penerapannya dalam perusahaan, kaizen mencakup pengertian perbaikan berkesinambungan yang melibatkan seluruh pekerjanya, dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah. Lean manufacturing adalah metodologi yang berfokus pada meminimalkan […]
Apa Itu Pelatihan Manajemen Kaizen Strategi Kaizen adalah konsep tunggal dalam manajemen Jepang yang merupakan sukses Jepang dalam meraih persaingan. KAIZEN berarti perbaikan berkesinambungan yang melibatkan semua orang, baik manajemen puncak, manajer, supervisor maupun karyawan. Konsep Kaizen dibagi dalam 3 segmen, yaitu Pertama, berorientasi pada manajemen. Manajemen Jepang umumnya percaya bahwa seorang manajer harus menggunakan […]